PEKERJAAN BETON BERTULANG

PASAL 5

PEKERJAAN BETON BERTULANG

PEKERJAAN BETON BERTULANG
PEKERJAAN BETON BERTULANG

1. Lingkup pekerjaan beton

meliputi penyediaan bahan, pembesian, penyetelan bekisting, pengecoran dan perawatan.

a. Syarat Syarat Mutu Beton
Disarankan kekuatan tekanan karakteristik minimum 200 kg/cm 2 (K 200) dan harus tercapai setelah beton benimur 28 hari dan harus memenuhi syarat syarat PBI 1971 (NI 2)

b. Pekerjaan Langit Langit
Langit langit yang menggantung dibuat penggantung dari kawat/besi baja yang ditanam ke dalam plat beton sebelum di cor.

 

2. Pekerjaan beton.

a. Meliputi pekerjaan beton bertulang dan beton tak bertulang.
b. Pekerjaan beton bertulang meliputi pekerjaan ringbalk praktis, kolom praktis, dan lain lain, sedangkan untuk pekerjaan beton tak bertulang meliputi lantai kerja.
c. Beton bertulang dan beton tak bertulang dicor dilokasi kerja dengan alat pengaduk/pencampur beton secara mekanikal(mesin), dan semua pekerjaan beton dilaksanakan sesuai dengan gambar kerja di lapangan.
d. Bahan bahan yang dipergunakan harus mendapat persetujuan pengguna barang/jasa.
e. Bahan untuk campuran beton tidak bertulang adalah I bagian semen pc : 3 bagian pasir : 5 bagian kerikil, sedangkan untuk beton bertulang menggunakan mutu beton minimum dengan karakteristik K-200.
f Agregat harus disimpan bersih dari lumpur tanah liat atau bahan organis lainnya, dianjurkan untuk menggunakan bak, bahan yang berlantai untuk mencegah terbawanya tanah bawah pada waktu pengambilan bahan.
g. Semen yang digunakan hanya dari satu merek pada bagian pekerjaan struktur yang tidak terpisah.
h. Air yang digunakan untuk pembuatan beton tidak boleh mengandung alkali, garam, bahan bahan organis, asam dan airnya harus dapat diminum sesuai dengan ketentuan PAM, jernih dan tawar.
i. Campuran beton harus homogen sehingga mencapai kekuatan karakteristik yang disyaratkan.
j. Tata cara pengecoran beton tidak bertulang :

o Sekurang kurangnya dua hari sebelum pengecoran dilakukan, Direksi diberitahukan agar pemeriksaan dan persetujuan dapat diberikan pada waktu pengecoran.
o Beton harus diaduk dengan beton molen yang cukup kapasitasnya hingga homogen setelah semua bahan masuk.
o Sebelum beton dibuat/dicor, bektisting harus bersih dari kotoran kotoran dan bahan bahan lain, begitu pula alat pengaduk.

k. Tata cara pengecoran beton bertulang :

o Sekurang kurangnya dua hari sebelum pengecoran dilakukan, Direksi diberitahukan agar pemeriksaan dan persetujuan dapat diberikan pada waktu pengecoran.
o Pengecoran harus sesuai dengan persyaratan dalam PBI 1971 / SNI 03 2410 1989.
o Beton harus dicor dan tidak boleh dijatuhkan dari ketinggian 1,5 m dan dalam lapisan horizontal tidak lebih dari 30 cm dalamnya.
o Terjadinya kantong kantong gelembung dalam beton harus dihindarkan dan segera setelah dituang, beton ini harus dipadatkan dengan alat penggetar (vibrator).
o Selama penggetaran dijaga agar jangan sampai menggerak tulangan maupun bekisting.
o Sambungan beton sebelum melanjutkan pengecoran pada beton vang mengeras, permukaan yang lama harus diberslhkan dan dikasarkan, permukaan sambungan disiram dengan air semen. Penyambungan beton yang melebihi 7 hari dilapisi dengan bahan penyarnbung.
o Untuk pekerjaan pemeliharaan dalam mencegah pengeringan bidang¬-bidang beton selama paling sedikit dua minggu beton harus dibasahi terus ¬menerus, antara lain dengan menutupinya dengan karung basah (atau plastik untuk struktur kolom).

 

3. Pekerjaan Pembesian.

a. Besi yang dipakal harus lurus dengan jarak sejajar antara besi yang satu dengan yang lainnya (sesual gambar keria).
b. Sarnbungan besi harus mempunyai panjang yang cukup minimum sepanjang yang disyaratkan.
c. Pengikat besi dengan begel harus benar benar kuat jangan sampai menimbulkan perubahan pada, waktu pengecoran dan semua silangan besi utama dengan begel harus diikat kuat kuat dengan kawat berukuran minimum diameter 1 mm.
d. Untuk membuat selimut beton, jarak besi dengan bekisting harus dijaga, jangan sampai menempel, untuk itu perlu dipasang beton deking sesuai dengan tebal selimut beton yang disyaratkan dalam SKSNI.
e. Besi stek yang dibuat harus diikat ke tulangan.
f Besi tulangan yang dipakai yaitu mutu baja U 24.
g. Batang batang tulangan harus disimpan dan tidak menyentuh tanah.
h. Timbunan batang batang untuk waktu lama di udara terbuka harus dicegah.

 

4. Pekerjaan Bekisting.

a. Bekisting/acuan harus direncanakan sedemikian rupa, sehingga, tidak ada perubahan bentuk dan cukup kuat menampung beban beban sementara maupun tetap. Semua acuan harus diberi penguat datar silang sehingga kemungkinan bergeraknya acuan selama pelaksanaan pekerjaan dapat dihindarkan, juga harus cukup rapat untuk mencegah kebocoran bagian cairan dari adukan beton (mortar leakage). Susunan acuan dengan penunjang¬-penunjang harus diatur sedemikian rupa sehingga memungkinkan dilakukannya kemudahan inspeksi oleh pengawas. Penyusunan acuan harus sedemiklan rupa sehingga pada waktu pembongkaran tidak menimbulkan kerusakan pada bagian atau keseluruhan beton hasil pengecoran. Kekuatan penyangga, silangan silangan, kedudukan serta dimensi yang tepat dari konstruksi acuan adalah merupakan tanggung jawab Pemborong.
b. Pada bagian terendah (dari settap tahapan pengecoran) dari acuan kolom atau dinding harus ada bagian yang mudah dibuka untuk inspeksi dan pembersihan.
c. Kayu acuan hanrus bersih dan dibasahi terlebih dahulu sebelum pengecoran. Harus diadakan tindakan untuk menghindarkan terkumpulnya air pembasahan tersebut pada sisi bawah.
d. Pada tahapan ini dilakukan. pemasangan pipa pipa dan perlengkapan-¬perlengkapan lain yang harus tertanam di dalam beton, sesuai persyaratan tidak akan mengurangi kekuatan konstruksi (SNI 03 2847 1989).
e. Perencanaan acuan dan. konstrukstinya harus dapat menahan. beban beban, tekanan lateral dan tekanan yang diizinkan dan peninjauan. terhadap beban angin dan lain lain peraturan yang dikontrol terhadap peraturan pembangunan Pemerintah daerah setempat.
f Pembongkaran bekisting baru dapat dilakukan bila beton telah mencapai umur minimal 8 hari atau beton telah mencapai kekuatan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan